Minggu, 18 April 2010

Tutorial Membuat Cover Ebook

Halo sobat, masih pada sehat? syukur dah kalo masih Greng hehe...... sobat pasti bingung kalo sering memperhatikan blog saya ini. Belum genap sebulan saja sudah hampir tiga kali ganti template.... bosan? enggak juga.saya memang sengaja menggonta-ganti template supaya lebih segar untuk dilihat dan bisa makin semangat menjalani hidup ...kaya iklan aja......

Memang untuk mencari ukuran template yang pas dan sesuai tergolong sulitloh,apalagi kalo masih pakai yang gratisan ...

Berhubung sudah seminggu lebih saya gak ngeluarin jadi puyeng juga nih, mau ngeluarin apa yah,hehe..yee .. jangan ngelamun jorok dulu yah... berhubung tujuan utama saya membuat blog ini untuk sharing dan bagi -bagi elmu yah posting kali ini juga gak jauh dari situ, syukur-syukur ada yang mo bagi $$!hehe.. oke kita lanjut ! kalo kemarin kita bikin desain box sekarang kita mencoba desain Cover Ebook.

Tools yang kita pakai masih menggunakan Photoshop CS2 ..saya cuma punya ini hehe.. kalo sobat punya Arcsoft Photobase dan Photoshop 7 juga bisa, tergantung selera saja.......okeh



Bissmillah,sunatan kita mulai.....

1. Buka Program editing anda ..,buat layer berukuran 400x500 pxl dengan warna dasar putih.buat judul ebook yang akan anda buat misalnya : Ebook cara mudah bikin Blog, mengenai warna,bentuk tulisan/fonts silahkan pakai sesuai selera,kalo mau download fonts yang bagus silahkan main ke blog teman saya Muhamad Farooq disini!





2. Tempatkan judul Ebook tadi dibagian atas layer.Nah untuk bagian tengah silahkan isi dengan gambar atau kalo sobat bisa mendesain gambar sendiri juga gak papa, untuk pemilihan gambar yang penting harus ekivalen (sama) dengan tema atau judul yang anda buat ... jangan bikin judul : Ebook Cara bikin kue bolu tapi gambar yang dipakai malah gembolan nye Farah Quinn!! WOW ga jadi masak deh..




3. Nah setelah dapat gambar yang sesuai ,aturlah posisi dan proporsinya secara halus agar tuh gambar bisa menyatu dengan judul dan juga enak dilihat/dipandang.



4. untuk bagian bawah layer bisa diisi dengan nama si penulis, si pembuat,atau copyright ,tahun keberapa ,gunakanlah nama asli anda,bila ingin dipublikasikan menggunakan nick name, anda harus bisa menerima jika ebook anda dibajak oleh orang lain suatu saat nanti ...jadi use your real name !!



5. Nah setelah selesai simpan deasin cover ebook anda dengan format *.Png atau *.Bmp, kedua format ini lebih fleksibel kalau anda menggunakan elemen transparan dalam desain anda ..tapi kalo anda tidak menggunakan element transparan silahkan simpan dengan format *.Jpg

6. Selanjutnya untuk membuatnya terlihat seperti desain ebook sungguhan anda memerlukan program ketiga yaitu 3D Cover Creator.



7. Buka program 3d Cover creator, pilih desain ebook yang akan anda pakai .... lalu masukkan gambar desain yang anda buat tadi..pilih save image as.. Ebook 1 misalnya, dan simpan di drive yang anda sukai,selesai... sekarang desain cover ebook anda sudah jadi deh.

selanjutnya anda tinggal menyusun isi ebook ,menyisipkan hyperlink dan bla..bla.. bla.. nya.. biasanya sih untuk pemula bisa menggunakan PDf ,selaih dapat dibaca di HandPhone sekarang kan HandPhone bisa buka file PDF tuh ...juga lebih mudah dalam pendistribusiannya ,ukuran file lebih kecil dan jarang disusupi virus ... beda dengan model ebook yang menggunakan format dasar DOS biasanya ampuun dah banyak disusupi virus,yang paling sering sih convicker dan sality,buat anda yang suka download ebook gratisan dari luar sono kudu hati-hati dah..

8. Nah setelah selesai semuanya silahkan anda publish ebook anda ,mau dipajang diblog, di web atau di jendela rumah pak RT silahkan saja... hehe:D

Download

4 komentar:

  1. mantap bisa buat bikin desain sampul buku nih... tak comot yah...

    BalasHapus
  2. oooh begitu caranya... siip nice post ...langsung ke TKP

    BalasHapus
  3. Softwer keren nih, numpang dongdot deh. Thanks gan :)

    BalasHapus
  4. wah,..ternyata bikin covernya ada trik2 nya jg toh

    BalasHapus

Biasakanlah untuk saling memberi komentar
coment moderation = On
Live Link = Delete :)