Selasa, 10 Mei 2011

Green Computing

Mari kita Selamatkan Bumi.

Banyak sekali cara yang dapat kita lakukan untuk menyelamatkan bumi dari efek Global Warming, Polutan dan juga kerusakan alam. Tapi mungkin kita tidak dapat melakukan semuanya seorang diri. Oleh karena itu mari kita mulai selamatkan bumi dengan melakukan hal-hal kecil yang mungkin mudah untuk kita lakukan.

Beberapa waktu lalu mungkin kita tahu dan sudah melaksanakan Earth Hour dan tahukah anda hasilnya? Jakarta terasa lebih nyaman pada malam itu dan keuntungan realnya pihak PLN telah menghitung biaya penghematan sebesar 10 Juta rupiah lebih karena pelaksanaan earth Hour yang dilakukan secara bersamaan di daerah perkatoran Sudirman dan sekitarnya hanya dalam satu malam saja.

Bayangkan kalau kita sering melakukan Penghematan semacam ini sudah tentu jakarta akan semakin 'dingin' dan terhindar dari  Global warming. Nah untuk melanjutkan program Earth hour ini marilah kita coba menggunakan produk berlabel recycle atau daur ulang juga,dan marilah kita melakukan penghematan dalam penggunan power source atau sumber daya listrik setiap harinya.


PC Green

Bagi anda yang saya yakin tiap hari bekerja dan nongkrong didepan Komputer mungkin ada baiknya anda mulai melirik teknologi green komputing yang kali ini sudah banyak kita temukan . Seperti Penggunaan peripheral berteknologi Green computing atau juga menggunakan aplikasi-aplikasi berbasis penghematan energi (energy saver) dan lain-lain.

Nah untuk anda yang berminat untuk menjadi salah satu Pendekar Bumi sebenarnya banyak cara yang dapat kita lakukan loh , meskipun kecil namun dapat memberikan efek yang baik pada lingkungan. untuk lebih jelasnya mari kita simak langkah mudah menjadi Pendekar Bumi ini.

Tercatat di Kota Jakarta ini penggunaan PC Desktop semakin banyak dan meningkat tajam setiap harinya nah untuk mensiasati agar kita tidak menguras sumber daya energi sobat dapat melakukan tips ini :

-- Bagi para pengguna PC Desktop , meng-upgrade komponen adalah sebuah keharusan untuk menjadi Pendekar Bumi.Komponen PC Desktop yang telah digunakan selama 1 tahun akan mulai menguras energi apalagi bila tidak diikuti dengan perawatan yang kontinyu. Nah, komponen PC desktop yang dapat di upgrade berupa :

1. Monitor CRT, Monitor jenis ini mengkonsumsi daya listrik lebih besar dari pada monitor LCD bila monitor LCD sanggup menyala dengan konsumsi daya sebesar 60-80 watt maka Monitor CRT dapat meguras energi litrik mulai 110-200 watt!! sobat tinggal hitung saja berapa konsumsi daya setiap harinya bila Komputer tersebut dipakai bekerja selama 8 jam setiap harinya. Gantilah dengan monitor LCD toh sekarang sudah banyak monitor LCD yang berharga murah dan berkualitas bagus.

2. Upgrade Processor, dengan teknologi terbaru green computing banyak sekali vendor yang menyediakan processor jenis ini seperti AMD dengan PowerNow! AMD Cool'n'Quite, Intel Speedstep, atau VIA Powersaver. Sedangkan untuk Motherboard ASUS sudah meluncurkan enegy Processing unit , Gygabite juga sudah meluncurkan teknologi Dynamic Energy Saver, tinggal sobat pilih yang sesuai dengan kantong dan kocek sobat....

3. STOP, pengunaan Video Card High End !, nah ini lebih dahsyat lagi .. untuk anda pecinta Gamer tolong stop penggunaan Video card jenis ini bukan bermaksud untuk menghalagi kecintaan sobat terhadap Game kelas Berat namun tahukah anda? Pengunaan Video Card jenis ini membutuhkan daya listrik lebih besar lagi, dan perlu sobat ketahui Videocard jenis ini pun menyedot daya lebih besar dari Monitor CRT,karena itulah Video Card jenis ini membutuhkan kabel power tesendiri untuk menghidupinya.

4. Kurangi ketajaman monitor, ini berguna bila anda masih menggunakan Monitor CRT, mengurang brightness pada monitor dapat mengakibatkan penurunan penggunaan daya listrik sekitar 5 % pada monitor nah mematikan monitor pada saat tidak dipakai juga merupakan langkah jitu apabila anda sedang ada keperluan maka jangan biarkan monitor Hidup terlalu lama tanpa digunakan.Lebih baik lagi apabila anda matikan PC sebelum pergi Rapat atau makan siang misalnya...

Lalau tindakan apalagi yang dapat mengurangi konsumsi daya listrik dan pemborosan energy?

Cabut Stop Kontak!, ini seringkali saya temukan , sobat cobalah ingat setiap hari jumat sore ketika anda mulai bersiap untuk pulang jangan lupa untuk mencabut STOP KONTAK! baik itu Stop Kontak pada Monitor , printer atau pun Kabel Power CPU . Ketika anda pulang dan menikmati liburan selama 2 hari (sabtu/ minggu) maka monitor dan CPU akan terus menyedot daya listrik di kantor anda, meskipun dalam intesitas yang kecil namun bila hal ini dilakukan terus menerus pada akhirnya akan menguras sumberdaya juga.


Plug out / Cabut ! Stop Kontak

Mari kita hitung ilustrasinya....

Di kantor sobat ada 20 PC dan 20 Printer, ketika jumat sore semua pegawai dan karyawan pulang tanpa mencabut stop kontak dan lupa mematikan printer maka kita akan mendapati jumlah seperti ini :

20 PC = 2 Kabel power (Monitor dan CPU) = 3 watt x 20 PC = 60 Watt
20 Printer = 20 Kabel power = 2 Watt x 20  = 40 W
60 W+ 40W = 100 Watt x 48 jam (2 hari/sabtu-minggu) = 4800 W x 4 (sebulan) = 19.200 Watt/bulan !!

Tinggal sobat hitung pembayaran tagihan listrik saja ... itu belum penggunaan pada lampu-lampu, AC dan juga perangkat listrik lainnya seperti dispenser dan mesin Fotocopy kantor.

Berapa banyak pemborosan energi yang kita dapati, membuktikan kurangnya perhatian kita pada pemborosan energi dan sumber daya disekitar kita.

Solusi terbaik adalah selalu lakukan campaign pada karyawan, rekan kerja atau juga personil keamanan (Security) agar dapat berpartisipasi aktif dalam penghematan dan penggunaan sumber daya listrik pada perkantoran, seperti selalu mencek dan mencabut semua kabel power pada saat tidak digunakan,  selalu ingatkan petugas keamanan (security) juga agar mencabut stop kontak PC bila mendapati stop kontak tersebut masih terhubung ke panel kontak.

Solusi lainnya ,bila memungkinkan ganti semua perangkat PC desktop dengan penggunaan All-in-one PC karena daya yang digunakan cukup rendah yaitu berkisar 80-100 W , bandingkan dengan penggunaan sumber daya pada komputer PC desktop biasa yang sanggup menelan 350-550 W !!

berapa besar biaya yang bisa anda hemat?

1 komentar:

Biasakanlah untuk saling memberi komentar
coment moderation = On
Live Link = Delete :)