Senin, 11 Juli 2011

Tips meraih penghasilan dari PPC Lokal

Tips meraih penghasilan dari PPC Lokal

Untuk meraih penghasilan yang bisa dikatakan banyak dari PPC lokal tentu bukanlah hal yang mudah. Berbeda dengan Google adsense yang sudah rela menerapkan tarif perklik yang bervariasi. Namun untuk PPC lokal hitungan tiga ratus perak juga sudah terbilang lumayanlah dari pada manyun.

Tips blog kali ini adalah bagaimana kita dapat meraih penghasilan uang dari PPC lokal yang notabene masih banyak yang meragukan. Meskipun saya juga belum pernah merasa dibayar namun hitungan digit yang terus merangkak tentunya menunjukkan bahwa sekalipun PPC lokal namun kalau kita serius untuk mengerjakannya hasilnya juga tetep lumayan.

Lanjut bagaimana kita bisa 'mengakali' agar pendapatan kita dari PPC lokal ini dapat naik? yang pasti ada hal yang perlu perhatian khusus seperti legalitas atau sah dan tidaknya peletakan iklan ppc yang akan kita bahas kali ini.




1. Peletakan iklan dinamis

Peletakan iklan dinamis biasanya dilakukan oleh blogger-blogger yang masih baru, mereka tentu saja ingin jaga image dan juga agar blog mereka terlihat lebih perfect dan tidak terlihat kumuh oleh banyaknya iklan.Cara ini memang bagus dan dapat dipertanggung jawabkan, namun kalau mau jujur ,untuk peletakan iklan model begini pasti lamaaa banget buat blog menghasilkan uang. Jangan kan klik untuk mendatangkan pengunjung saja sulitnya bukan main..tul enggak?

Berdasarkan buku panduan Adsense yang banyak beredar posisi peletakan iklan dinamis PPC itu berada dibawah header, diantara postingan dan juga di sidebar. Nah kalau menurut implementasi yang benar sih sudah pasti iklan sebagus apapun belum tentu memiliki rasio klik yang tinggi kalo enggak ada yang minat buat ngeklik hehe..

2. Peletakan iklan bombastis

Peletakan iklan bombastis biasanya ada di blog auto conten generator atau biasanya ada di blog gado-gado yang isinya sedikit tapi iklannya bujug busyet, buanyak dan bikin bingung pengunjung. Nah ini terkadang memiliki penghasilan yang cukup lumayan dari ppc tergantung cara si pemilik meletakkan iklan PPC agar 'saru' dari penglihatan musuh..ciatt..Gubbraakkk...

Kekurangan dari peletakan iklan secara bombastis adalah ,pengunjung akan malas bila ternyata blog yang dikunjungi hanya berisi iklan-iklan saja ,sementara informasi yang dia cari tidak pernah ditemukan disitu. Biasanya pengunjung akan malas untuk datang lagi dan juga menelusuri lebih jauh isi dari blog jenis ini.

3. Peletakan iklan sadis

Peletakan iklan sadis adalah ,cara meletakan iklan banner yang aneh dan juga diluar nalar, entah karena minimnya informasi yang diperoleh si pemasang atau juga karena emang nekat, maka peletakan iklan sadis dianggap biasa, seperti misalnya banner iklan berukuran 468x60 ditaruh di sidebar yang cocok untuk peletakan iklan banner berukuran 160x600 .

Peletakkan iklan yang salah posisi seperti ini dapat menimbulkan efek kumulatif berupa lambatnya blog anda diakses karena ukuran blog yang biasanya fixed harus melebar dan menampung banner  frame iklan yang ukuranya berbeda, dan memang dari penelusuran saya ada sedikit keuntungan meletakan iklan dengan model begini yaitu terkadang ada saja iklan yang bisa di klik secara tak sengaja oleh para pengunjung, namun sudah tentu tidak sebanyak yang diinginkan hasilnya.

4. Peletakan iklan melayang.

Beberapa bulan lalu saya sempat mengikuti trik ini namun akhirnya saya ubah tidak untuk PPC Google Adsense. Karena memang sudah ketentuan iklan tidak boleh diletakkan secara melayang atau floating ads namun untuk PPC lokal sepertinya tidak ada masalah entahlah kalau anda mau mericek terlebih dahulu ke penaja iklan PPC yang anda ikuti semoga saja tidak bermasalah.

Penghasilan dari floating ads memang lumayan, terkadang lebih banyak dari peletakan iklan ppc secara dinamis. Selain itu juga kita tidak perlu repot merubah posisi dari struktur tema yang kita pakai dan meskipun begitu terkadang ada blogger yang lebih sadis lagi yaitu dengan menghilangkan tombol close dari papan iklan melayang , ampuun deh ...

Namun perlu diperhatikan juga ada beberapa program luar yang menolak adanya floating ads jadi anda perlu berhati-hati apabila blog anda memiliki niche yang bagus, lain halnya kalau model blog gado-gado macam saya ini..

5. Peletakan iklan minimalis.

Peletakan iklan yang minimalis atau terkadang terlihat sedikit dan terkamuflase dengan content biasanya yang paling banyak memberikan klik. Dan dari klik tersebut maka metode ini yang paling cocok digunakan di blog anda yang memiliki niche.Anda tinggal mengetesnya secara berkala untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, namun perlu diingat agar peletakkan iklan tersebut tidak bersifat trickie atau tipuan hanya karena anda pandai menampilkannya membaur bersama konten anda namun anda melupakan estetika dari blog anda sendiri.

penelusuran saya mendapati iklan klik saya yang ditempel dibawah gambar seksi terkadang menghasilkan lebih banyak klik ,namun hal ini tidak boleh dilakukan apabila anda menggunakan google adsense jadi anda harus pandai memilih dan menggunakan penaja iklan ppc mana yang cocok dengan model peletakan seperti ini.

6. Blogwalking

Blogwalking adalah salah satu hal yang positiv dalam membangun image sebuah blog. Anda dapat meng- undang serta mendapatkan pengunjung yang juga bisa mendapatkan klik pada ads yang anda pasang. Memang kalau hitungan visitor lokal sih belum bisa dikatakan banyak menghasilkan, tapi kalau anda sudah sanggup mendatangkan ribuan visitor setiap harinya sudah pasti hasil dari PPC anda juga akan berkembang.

Hasil yang lebih banyak bisa diperoleh dengan seringnya kita mengoptimasi dan mengetes secara berkali-kali untuk mendapatkan posisi peletakan ads yang ideal, ditambah dengan banyaknya jumlah pengunjung yang datang dari situlah anda tinggal tersenyum menantikan kedatangan akhir bulan yang artinya, akan ada trasferan uang masuk ke ATM anda pada awal bulan depan....

Trial dan error merupakan pengalaman berharga jadi jangan takut untuk salah dalam mengoptimasi blog anda agar dapat meraih penghasilan dari ppc lokal yang lebih banyak lagi...


Salam dan semoga anda sukses.

1 komentar:

  1. wah benar2 terlambat singgah
    info bisnis yang bagus sangat
    mantab nih... :)

    BalasHapus

Biasakanlah untuk saling memberi komentar
coment moderation = On
Live Link = Delete :)